25 June 2019

Bukan Pendidikan tinggi, Namun Alam Butuh Kepedulian

"Pada dasarnya manusia hidup serta berkaitan erat dengan alam bahkan sejak teknologi belum di temukan. Alam selalu memberikan kehidupan hingga saat ini. Sayangnya, ketika dunia mengenali teknologi canggih tiada sebanding dengan konservasi (kelestarian) yang dilakukan."


Sekedar membuang sampah pada tempatnya saja tampaknya amat sulit kita lakukan. Padahal jelas dengan begitu hidup akan lebih baik. Pikir saja kau tak mau tinggal di lingkungan yang kotor, tetapi ketika bukan dilingkungan mu kau buang seenaknya sampah itu berharap sudah ada petugas kebersihan yang membersihkannya.

Amati bagaimana keadaan nya apakah masih terjaga atau sudah rusak. Mungkin tidak banyak yang mendapati lingkungannya masih terjaga dengan baik, rata-rata kondisinya amat meprihatinkan. Mengapa bisa terjadi ? mungkin manusia sudah terlalu fokus pada diri masing-masing dalam mengejar gemerlapnya dunia dan lupa dengan alam.

Coba lihat di luar sana, gedung-gedung semakin ditinggikan, mall-mall makin menjamur, lahan-lahan hijau mulai digusur digantikan bangunan-bangunan perumahan, bahkan hutan lindung di jadikan tambang  mungkin masih ada tanaman hijau namun itu hanya tanaman buatan yang tak hidup dan tak berguna bagiku hanya sebatas hiasan.

kumparan.com (link)


Parahnya lagi, maraknya penebangan hutan secara liar di negeriku seaakan tak takut dengan hukuman, mereka tetap melakukan itu. Aku juga takut jika yang membuat kebijakan disini malah bersekongkol dengan bedabah-bedebah itu karena dibutakan oleh kilauan "RUPIAH". Apa itu balasan manusia atas kebaiakan alam ini.


Aku lihat pelosok desa yang jauh dari hiruk pikuk kota yang mungkin orang orang pendidikannya tidak setinggi orang-orang di kota, namun lebih peduli dalam menjaga alam. Artinya yang lebih penting disini adalah "Sifat keinginan, kepedulian, prihatin" melihat kondisi alam dan berusaha untuk menjaganya. Bukan berarti kecerdasan itu tidak penting, malah dengan kecerdasan seharusnya alam bisa lebih baik karena adanya inovasi-inovasi teknologi untuk menjaga alam.

Sungguh aneh jika melihat desa-desa yang jauh dari gedung-gedung pencakar langit lebih bersih daripada perkotaan yang dihuni oleh orang-orang dengan kecerdasan yang tinggi. Apa yang membuat itu terjadi ? bukankah semakin tingginya ilmu seseorang menunjukan bahwa ia juga bijak.

by fajri ul

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search